RSS

SOFTSKILL

13 Jun

SOFTSKILL (Kemampuan NON-TEKNIS) yaitu kemampuan seseorang untuk bisa bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik pada lingkungan dimana dia berada. Sifatnya invisible. Attribut dari softskill ini seperti, Sikap baik seperti integritas, inisiatif, motivasi, etika, kerja sama dalam tim, kepemimpinan, kemauan belajar, komitmen, mendengarkan, tangguh, fleksibel, komunikasi lisan, jujur, berargumen logis, kemampuan beradaptasi, pemecahan masalah dan lainnya.

Mengapa mata kuliah Soft Skill itu penting?

Ada sebuah statement dari seorang dosen yang pernah mengajar saya mengatakan: “orang yang pintar tetapi tidak memiliki kemampuan softskill pun akan menjadi percuma sedangkan orang yang biasa saja tetapi memiliki kemampuan softskill justru menjadi tidak biasa.” Statement itu semakin memperkuat bahwa memang 80% penentu dunia kerja adalah softskill.

Gunadarma sangat “aware” dengan masalah ini, mungkin juga dgn Universitas Lainnya di Indonesia.Penilaian mata kuliah softskill yaitu biasanya dengan cara mengisi fortofolio pada studentsite, maka tulisan yang telah dibuat akan muncul di wartawarga gunadarma..

Maka dari itu kuliah di gunadarma kita memperoleh 1 mata kuliah  softskill setiap semesternya yang terdiri dari 1 sampai 2 sks. Sesuai pengalaman saya pribadi, saya pernah beranggapan bahwa Softskill  ini bisa dibilang merupakan mata kuliah yang paling santai namun sering sekali mahasiswa (saya) menganggap tidak  perlu dikhawatirkan karena selain bobot sksnya yang kecil , mata kuliah ini bisa di kesampingkan dahulu karena “deadline” nya yang selalu diberikan waktu yang cukup lama, serta tidak ada pengujiannya seperti mata kuliah lainnya. Padahal ternyata softskill ini sangat berperan penting dalam menjadikan kita sebagai manusia yang lebih berkualitas dalam pekerjaan maupun kehidpan sehari hari.

Saat ini mungkin bisa di bilang merupakan tugas akhir mata kuliah “SoftSkill”. Dan kami diharuskan untuk mendeskripsikan atau membuat penulisan tentang mata kuliah softskill yang disukai dari yang telah dipelajari dari semester 1 sampai dengan semester 8. Dengan begitu diharapkan kami dapat mengetahui ketertarikan kami dimana, ingin mendapatkan pekerjaan dibidang apa,serta  ingin digaji berapa. Berikut ini  adalah nama-nama mata kuliah softskill yang pernah kami ambil :

  1. Ilmu sosial dasar
  2. Ilmu budaya dasar
  3. Teori organisasi umum
  4. Teori organisasi umum 2
  5. Bahasa indonesia 1
  6. Bahasa indonesia 2
  7. Pengantar telematika
  8. Etika & profesionalisme TSI

Dari semua mata kuliah softskill diatas yang menurut saya memberikan dampak yang sangat besar dalam menaikan kualitas kepribadian saya terhadap saya sendiri adalah ilmu sosial dasar,teori organisasi umum, dan Etika & profesionalisme TSI. Saya rasa ketiga matakuliah tersebut sangat berkesinambungan dalam masa depan karir saya nanti kedepannya, yaitu:

Ilmu Sosial Dasar

Softskill ini merupakan hal yag mendasar sebagai pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam.

Teori Organisasi Umum

yaitu bagaimana organisasi menjalankan fungsinya dan bagaimana mereka mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang-orang yang bekerja di dalamnya ataupun masyarakat di lingkup kerja mereka.

 Etika & profesionalisme TSI

membantu manusia untuk melihat tindakan yang baik atau buruk yang sesuai dengan norma-norma yang ada dimasyarakat. Etika memberi manusia pedoman bagaimana ia harus bertindak. Etika dalam teknologi informasi mempunyai tujuan sebagai dasar yang harus ditaati dalam teknologi informasi untuk melakukan proses pengembangan, pemapanan dan juga untuk menyusun instrument sehingga kita manusia menjadi pribadi yang  Mampu memetakan permasalahan yang timbul akibat penggunaan teknologi informasi itu sendiri.     Mampu mengiventariskan dan mengidentifikasi etika dalam teknologi informasi.serta  Mampu menemukan masalah dalam penerapan etika teknologi informasi.

Saya rasa ketiga mata kuliah softskiil tersebut dapat menggambarkan kepribadian saya yang senang bekerja dalam organisasi maupun individu, namun tetap berkompeten  dan  memperhatikan  kemampuan , attitude, pemahaman tentang pandangan yang berbeda beda dalam ruang lingkup pekerjaan yang harus saya miliki.

Setelah lulus kuliah nanti saya mempunyai beberapa target point yang menjadi dasar dalam karir saya kedepannya, yaitu:

Saya ingin bekerja ditempat yang sesuai dengan kemampuan saya tentunya. Saya sangat tertarik dengan dunia pemrograman atau memproduksi aplikasi, khususnya aplikasi yang dapat bersinergi di semua peralatan teknologi salah satunya yaitu  phonegap. Namun itu saja tidak cukup untuk memuluskan karir saya kedepan. Saya terus mengasah diri untuk mampu mejadi pribadi yang serba bisa. Saya menargetkan diri untuk dapat bekerja di bidang Application development ,Monitoring System, Search Engine Optimizer dan Network Administrator.  Nah kalau soal gaji/pendapatan saya rasa untuk fresh graduate seperti saya ini mungkin sekitar 3 juta keatas namun di awal karir saya nanti saya lebih mengutamakan dimana saya kerja di bandingkan berapa gaji saya hehe.

Kesimpulan dan Saran

Menurut saya Soft skill adalah minat yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri dalam berhubungan dengan orang lain.Tetapi akan lebih baiknya jika antara Hard skill dan Soft kill dilakukan secara bersamaan atau seimbang agar keduanya dapat mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak mengecewakan. sehingga dapat memajukan kreatifitas dan kualitas manusia itu sendiri.

Dan bagi semua orang diharap jangan hanya memiliki hard skill saja namun juga harus didukung dengan soft skill yang baik untuk hal yang akan menunjang kesuksesan seseorang kedepannya.

Terima Kasih.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 13, 2015 in Tugas Kuliah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: