RSS

Raja Ampat Masuk 20 Destinasi Pilihan 2013

10 Jan

Daya tarik Raja Ampat bukan hanya dari potensi lautnya saja. Keramahan warga sekitar menambah daya magnet yang dihasilkannya.

raja ampat,wayag,papua

Saya Andre, saya adalah salah satu dari orang orang yang mencintai Tanah Papua. Kekayaan alam dan indahnya bumi “Cendrawasih” mampu menyita perhatian dunia. Tapi kali ini yang akan saya angkat ke dalam tulisan adalah tentang Keindahan Raja Ampat Sorong ,Papua Barat. Panorama dan wisata laut berkelas Internasional membuat Raja Ampat menjadi kunjungan wisata para pecinta Traveling yang tidak akan di lewati.

Hutan Amazon-nya Laut. Demikian julukan yang disematkan pada Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat. Bukan julukan berlebih, mengingat berlimpahnya kekayaan laut wilayah yang terdiri dari 610 pulau ini.

Data dari Conservation Internasional (CI) Indonesia menyatakan, wilayah ini memiliki 1.459 spesies ikan karang, 553 spesies karang keras, 42 spesies udang mantis, 16 spesies mamalia laut, dan lima spesies penyu laut. Patut jika kemudian National Geographic Magazine melisankannya sebagai satu dari 20 destinasi wisata terbaik 2013.

“Di sini, harapkan pertemuan dekat dengan walking shark (hiu berjalan atau kalabiadalam bahas setempat), kuda laut, manta, penyu, dan ikan kakatua besar. Belum lagi ditambah sepertiga dari keseluruhan koral yang diketahui,” puji penulis Johnny Langenheim, Desember 2012.

Daya tarik Raja Ampat bukan hanya dari potensi lautnya saja. Keramahan warga sekitar menambah daya magnet yang dihasilkannya. Bahkan pengetahuan mereka terhadap konservasi lingkungan lautnya akan mengejutkan Anda.

 

misool,papua barat,raja ampatDi sela kegiatan penyelaman, peristirahatan yang berada tepat di atas laut menjadi pilihan favorit pelancong mancanegara di Misool, Papua Barat. (Titania Febrianti/NGI).

 

Saat National Geographic Indonesiabertandang pada Oktober lalu, anak-anak usia sekolah dasar di Desa Yef Lio, Kecamatan Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat, tengah diajarkan mengenai biota laut dengan cara belajar sambil bermain.

Jika ada tambahan dana, sempatkan menuju Wayag. Hamparan karst seperti nasi tumpeng berpencar di atas jernihnya laut Raja Ampat.

Guide lokal akan menuntun menuju karst dengan lokasi terbaik agar Anda bisa mengagumi kecantikan dan mengabadikannya. “Ini adalah lokasi alam paling hidup, baik di atas maupun di bawah air,” tambah Langenheim.

sebagai warga negara Indonesia kita patut bangga , menjaga ,dan turut melestarikan kawasan pariwisata milik negeri sendiri. Semoga tempat tempat wisata lain di Indonesia dapat menyusul menjadi destinasi perjalanan para tourist lokal maupun asing yang tak kalah menarik dengan pariwisata negara negara lainnya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 10, 2013 in Tugas Kuliah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: