RSS

PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DI INDONESIA

27 Okt


Dalam mengadakan pengamatan perubahan kebudayaan, kita harus melihat latar belakang, stabilitas kebudayaan, dan hubungannya dengan kemungkinan adanya penolakan akan perubahan ataupun kelompok yang menerima perubahan kebudayaan.

Di Indonesia Pertambahan penduduk menyebabkan perubahan karena berbagai macam factor, salah satunya yaitu tempat tinggal. Tempat tinggal mereka yang awalnya terpusat pada lingkungan kerabat, berubah terpencar dengan berorientasi pada pekerjaan atau mata pencaharian penduduk masing masing.Jika semakin  berkurangnya suatu penduduk, pertumbuhan masyarakat secara keseluruhanpun akan terhambat jadinya

Contohnya : urbanisasi, menyebabkan sulitnya mendapatkan tenaga kerja muda yang membawa dampak terhambatnya program modernisasi di desa.

Masyarakat kita (Indonesia)  telah mengalami berbagai macam perubahan sosial. Perubahan sosial selalu terjadi tanpa henti baik di desa maupun si kota. Perbedaan-perbedaan itu menunjukkan perubahan baik dibidang ekonomi, politik, hukum, pendidikan, maupun kesehatan.

Perubahan itu ditandai dengan tingkat pendapatan yang semakin meningkat, stabilitas makin terjamin, pelaksanaan dan kesadarn akan pentingnya hukum makin meningkat.

Perubahan sosial dapat menyebabkan suatu keadaan yang norma-norma atau nilai-nilai lama memudar. Keadaan ini merupakan suatu masa kritis dalam masyarakat yang disebut anomi, suatu keadaan tidak ada pegangan apa terhadap apa yang baik dan buruk bagi masyarakat.

Perubahan terjadi dengan menerima sesuatu hal baru yang dianggap dapat menaikkan status sosial atau lambang kemodernan tanpa menggunakan kontrol, tetapi norma yang dikandungnya masih yang lama.

Jadi, norma yang dikandungnya masih tradisional sedangkan bentuk luarnya modern.

Beberapa dampak perilaku masyarakat sebagai akibat pertumbuhan penduduk yang mengakibatkan  perubahan sosial budaya, antara lain sebagai berikut :

1. Aksi protes

Aksi protes adalah suatu tuntutan individual atau kelompok yang dilakukan dengan lisan atau tulisan untuk memperjuangkan kepentingan objek suatu tindakan.

 2. Demonstrasi

Adalah suatu gerakan massal yang bersifat langsung dan terbuka yang dilakukan secara lisan maupun tulisan dan tindakan dalam memperjuangkan kepentingan atau tuntutan.

 3.Kenakalan remaja

adalah Suatu perbuatan antisocial yang dilakukan oleh anak remaja. Seandainya dilakukan orang dewasa dikategorikan tindak kejahatan.

 4. Kriminalitas

Adalah setiap pelanggaran norma hokum yang dapat diancam sanksi pidana

“pertumbuhan penduduk menjadi salah satu faktor kapitalis terhadap perkembangan sosial  di indonesia pada era modernisasi yang membawa dampak besar yang bersifat langsung maupun “domino” kedepannya nanti.”

.Sumber :     

  –         Koentjaraningrat. 1985. Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta : cempaka putih

–         Pengetahuan Sosiologi III (Drs. Bintono , M.M.dkk.)

.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 27, 2011 in Tugas Kuliah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: